Urutan Versi Android

       Android merupakan sistem operasi berbasis linux. Android merupakan platform terbuka, siapa saja dapat mengembangkan sistem operasi ini. Dahulu Google Inc  membeli Android Inc, sebuah perusahaan yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Dahulu pengguna android adalah perusahaan-perusahaan besar, tetapi sekarang perusahaan lokal pun ikut menggunakan sistem operasi ini untuk di sematkan dalam ponsel cerdas atau tablet PC.

Android mempunyai ciri-ciri khusus yang selalu menggunakan nama-nama dessert atau makanan penutup. Berikut adalah urutan versi android yang beredar di masyarakat : Cupcake (Android 1,5), Donut (Android 1,6), Eclair (Android 2.1), Froyo (Android 2.2), Gingerbread (Android 2.3), Honeycomb (Android 3.0), dan Ice Cream (Android 4.0). Nah, apakah alasan Google menggunakan nama-nama makanan penutup untuk menamai sistem operasi mereka ? Menurut keterangan dari juru bicara Google, “nama-nama OS Android adalah hasil dari keputusan internal dan Google memilih untuk melakukan sedikit sihir dalam hal ini”. “Ketika platform Android baru dirilis, mereka membawa nama-nama makanan penutup. Sebagian besar sesuai urutan abjad,”. OS Android juga memiliki keunikan lain dengan menggunakan  inisial dalam urutan abjad (C, D, E, F, G, H, I) yaitu, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, dan Ice cream.

Android-Version-History

Sekarang mari kita simak sekilas tentang urutan versi android :

  1. Versi 1.1 (Tanpa Nama) : Google membeli sebuah perusahaan bernama Android Pada bulan Juli 2005. Sedangkan  update Android, versi 1.1, dirilis pada bulan Februari 2009. Tampaknya Versi 1.1 dari android ini  tidak mempunyai nama.
  2. Android 1.5, Cupcake :  OS Android ini  seharusnya merupakan Android versi 1.2, tetapi Google membuat sebuah perubahan besar dan membuatnya menjadi 1,5, dan memberinya nama “cupcake” sebagai kode Android pertama yang dirilis ke pasaran.
  3. Android 1.6, Donut : Android ini dirilis pada September 2009. Versi ini memperbaiki kesalahan reboot dalam OS sebelumnya serta perubahan fitur foto dan video (yaitu antarmuka kamera) serta integrasi pencarian yang lebih baik. OS 1.6  juga menambahkan dukungan untuk digunakan pada ukuran  layar yang lebih besar. OS 1.6 merupakan versi pertama yang menawarkan fitur navigasi Google turn-by-turn.
  4. Android 2.0 / 2.1, Éclair : Versi 2.0 diluncurkan pada bulan Oktober 2009, dengan versi 2.0.1 bug fix pada Desember 2009. Android 2.1 dirilis Januari 2010. Versi  ini ditambahkan fitur dukungan Bluetooth 2.1,  flash, dan digital zoom untuk kamera serta dukungan live wallpapermulti-touch, dan sebagainya.
  5. Android 2.2, Froyo : Android 2.2 Froyo mempunyai kecepatan hingga 4 kali lipat dari pada versi terdahulunya, meningkatkan kecepatan dengan mengadopsi Javascript “just-in-time” mesin compiler dari browser Google “Chrome”, serta mendukung peningkatan browser dengan menambahkan dukungan animasi GIF, Flash 10,1 plug-in support, juga USB tethering dan kemampuan WiFi Hotspot (tergantung kelengkapan perngkat hardware anda).
  6. Android 2.3, Gingerbread : Gingerbread, resmi dirilis pada bulan Desember 2010. Pada 7 Desember 2010, Google secara resmi mengumumkan Nexus S (yang dibuat oleh Samsung ponsel pertama dengan OS Android 2.3 Gingerbread. Dukungan fitur untuk Gingerbread antara lain : SIP internet calling, kemampuan NFC wireless transaction (tergantung hardware anda), support lebih dari satu kamera, support untuk giroskop dan sensor lain (barometer, gravimeter, dan lain-lain), download manager, beberapa tweak untuk memungkinkan penggunaan pada Tablet, dan tingkat tweak sistem lainnya untuk programmer.
  7. Android 3.0 / 3.1 / 3.2 Honeycomb : Honeycomb 3.0 dirilis pada bulan Februari 2011, kemudian diikuti versi 3.1 dan 3.2 yang hanya keluar pada bulan Juli sampai Agustus 2011. Google memposting banyak preview dan highlight tentang Honeycomb. Tablet berbasis Android 3.x akan berjalan sangat optimalkan untuk tablet, (karena OA android ai bawah 3.0 tidak benar-benar dirancang untuk tablet). Motorola Xoom adalah tablet Android pertama dengan versi 3.x, dan diikuti oleh perangkat tablet lain.
  8. Android 4.0, Ice Cream Sandwich : Versi 4.0 Oktober 2011. Operating system Ice Cream Sandwich akan tersedia untuk smartphone dan tablet, perangkat pertama yang menggunakan OS ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC serta masih banyak lagi.

Seperti ini kiranya kalau disingkat untuk urutan android dari masa ke masa :

  • Android 1.1 (Februari 2009),
  • Android 1.5 “Cupcake” (30 April 2009),
  • Android 1.6 “Donut” (1 September 2009),
  • Android 2.0/2.1 “Eclair” (26 Oktober 2009),
  • Android 2.2 “Froyo” (20 Mei 2010),
  • Android 2.3 “Gingerbread” (6 Desember 2010),
  • Android 3.0 “Honeycomb” (22 Februari 2011),
  • Android 4.0 “Ice Cream Sandwich” (19 Oktober 2011), dan
  • Android 4.1 “Jelly Bean” (27 Juni 2012). Silahkan di baca!

Selanjutnya mari kita tunggu saja apa yang akan keluar setelah Android OS versi 4.0 (Ice Cream Sandwich), akan memakai jenis hidangan nenutup apa untuk versi Android berikutnya ?

Dengar kabar berita sich Key Lime Pie adalah Nama OS Android 6.0….^_^

Sumber: http://www.banyakilmu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s